facebook atau yang dikenal dengan “fb” yang merupakan situs jejaring sosial yang digunakan hampir seluruh penduduk dunia. Berbagai kalangan usia dan profesi turut menikmati fitur2 yang disajikan facebook.

Salah satu fitur yang paling disukai oleh para facebookers adalah “update status”. wah kalau masalah update status ada orang yang begitu maniak, hampir setiap saat untuk update status tersebut. Mungkin hal ini tidak perlu dijelaskan lebih lanjut, karena saya yakin anda jauh lebih paham mengenai “update status” di fb ini hehe..

Namun menurut saya ada hal yang memprihatinkan dari status2 yang diupdate oleh teman2 sekalian. Padahal Update status merupakan suatu konsep yang bagus yang dapat diterima oleh setiap orang, bahkan menjadikan twitter dan yahoo juga mengikuti jejak update status tersebut. Selain itu Status juga menjadi bacaan yang menarik untuk disimak.

Hal memperhatinkan tersebut adalah kebanyakan orang memanfaatkan ini sebagai tempat mengeluh, memaki, kata-kata kasar, menghina, dan lain sejenisnya. Ini sungguh disayangkan, karena status kita akan di share ke setiap orang friend kita. Mungkin kita tidak merasakan dampaknya, namun di balik ini kita dapat memberikan energi negatif ke setiap pembacanya.. contoh dengan mengeluarkan kata-kata kasar, akan membuat teman2 kita iba, atau bahkan tersinggung, padahal orang buka fb untuk refreshing bukan untuk mendengarkan keluhan2 kita.

Saya menyarankan, ayolah kita belajar untuk memancarkan energi positif kepada orang lain, bagilah rasa suka cita atau pun hal-hal yang bisa menginspirasikan teman2 kita. Justru dengan demikian kita dapat memanfaatkan “update status” ini secara optimal dan berbuah kesan positif.

Adapun keuntungan untuk kita yang terbiasa berbagi hal2 positif setiap harinya, yaitu:

  • Merupakan salah satu perbuatan baik/positif
  • Melatih kita mensyukuri atau merenungi pelajaran hidup setiap harinya
  • Batin kita dapat berkembang menjadi lebih baik, karena walau dalam keadaan sedih, kita tetap berusaha memikirkan hal positif untuk dibagikan
  • Berlatih sebagai motivator/ inspirator. Kan kita pasti bercita2 menjadi orang sukses suatu saat, jadi orang sukses itu  harus bisa memotivasi/ menginspirasi orang lain minimal lewat tulisan.
  • Memberikan waktu untuk pikiran kita yang stress seharian, untuk remind semua hal dan mengambil hikmahnya.
  • Menjadi teladan bagi teman2 lainnya.
  • dll.

Dengan menyadari begitu banyak keuntungan dari “update status” yang positif. Anda pasti tergerak untuk mempraktekannya bukan? ^^

jangan pernah bermimpi untuk membawa perubahan dunia yang besar menjadi positif, kalau kita tidak memulainya dari hal-hal yang kecil, yaitu diri sendiri.